PENGARUH IKLAN DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ITEM VIRTUAL PADA GAMES ONLINE MOBILE LEGENDS
Main Article Content
Pada era digital seperti saat ini, teknologi akan terus berkembang dengan cepat terutama perkembangan teknologi dalam bidang hiburan salah satunya adalah games. Games online yang banyak digemari adalah Mobile Legends, games ini memiliki hal yang menjadi faktor untuk menarik minat konsumen yaitu skin. skin tidak mempengaruhi gameplay tetapi konsumen tetap melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan dan influencer terhadap keputusan pembelian skin Mobile Legends. Populasi penelitian ini merupakan konsumen yang pernah membeli skin Mobile Legends minimal 1 kali, pernah melihat iklan Mobile Legends di Instagram, pernah melihat konten influencer di Youtube dan berusia 16 sampai 34 tahun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan judgmental sampling. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan program IBM Statistic SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan di instagram berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan influencer youtube tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil tersebut, direkomendasikan kepada Mobile Legends untuk meningkatkan lagi kualitas promosi melelalui iklan agar lebih menarik dan inovatif, serta untuk influencer agar meningkatkan kualitas konten mereka supaya lebih informatif dan dapat dipercaya.
Abdullah, Tahirah, et al. 2020. “Impact Of Social Media Influencer On Instagram User Purchase Intention Towards The Fashion Products: The Perspectives Of Students”. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(8), 2589-2598.
Afandi, A, et al. 2021. “Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z”. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 5(1), 15-28.
Anjani, A. 2021. “Apa Itu Iklan? Ini Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya”. Detik.com. (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5489446/apa-itu-iklan-ini-fungsi-tujuan-dan-jenisnya, diakses pada 5 Oktober 2021).
Brown, D. & Hayes, N. 2008. Influencer Marketing Who Really Influences Your Customers?. Oxford: Butterworth-Heinemaan.
Carissa, T., & Aruman, A. E. 2019. “Pengaruh sales promotion dan influencer marketing terhadap minat membeli dalam mobile legends”. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 45-55.
Chapple, Craig. (2020). Mobile Legends Revenue Passes $500 Million as Southeast Asia Powers Explosive Growth. Sensortower.com. (https://sensortower.com/blog/mobile-legends-revenue-500-million, diakses pada 28 September 2021).
Gajanova, Lubica, et al. 2020. "The impact of influencers on the decision-making process regarding the purchase of the brand product". Business, Management and Economics Engineering 18, no. 2 282-293.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Karadeniz, m., & kocamaz, i. 2019. “The effect of facebook, youtube and instagram advertisements on consumers? Buying behaviours”. Turkish journal of marketing, 4(3), 298-311.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kumparan.com. 2021. “Apa Itu Mobile Legends? Ini Cara Memainkannya”. (https://kumparan.com/info-sport/apa-itu-mobile-legends-ini-cara-memainkannya-1w6HO5wK6gh/2, diakses pada 28 September 2021).
Lisichkova, N., dan Othman, Z. 2017. “The impact of influencers on online purchase intent”.
Malhotra, Naresh. 2009. “Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2”. Jakarta: Erlangga.
Moloku, S. O., et al. 2019. “Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Di IT Center Manado”. Jurnal administrasi bisnis (JAB), 8(2), 98-106.
Nangoy, C. L., dan Tumbuan, W. A. 2018. “The Effect of Advertising and Sales Promotion on Consumer Buying Decision of Indovision TV Cable Provider”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Radwan, A. F., et al. 2021. “Impact of Social Media Influencer Marketing on Youth Purchase Intentions in UAE”. Media Watch, 12(3), 422-439.
Rifki, B. 2022. “Fantastis! Jumlah Pemain Esports di Indonesia Capai 52 Juta Orang”. Esports.id. (https://esports.id/other/news/2022/01/d2ab2b971ff0dc34b54c0eaa664873f0/fantastis-jumlah-pemain-esports-di-indonesia-capai-52-juta-orang#:~:text=Jumlah%20Pemain%20Esports%20di%20Indonesia%20Capai%2052%20Juta%20Orang,-Billy%20Rifki&text=Hasil%20kajian%20terbaru%20dari%20Vero,juta%20orang%20di%20tahun%202021, diakses pada 6 Januari 2022).
Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie Lazar. 2020. Perilaku Konsumen, edisi 7. Jakarta: Indeks.
Sendari, A. A. 2021. “Influencer adalah Pemengaruh, Ketahui Peran dan Jenisnya”. Liputan6.com. (https://hot.liputan6.com/read/4625608/influencer-adalah-pemengaruh-ketahui-peran-dan-jenisnya, diakses pada 10 Oktober 2021).
Shimp, T.A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi 5, Jillid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sutjipto, K. 2020. “Pecahkan 1 Milyar Unduhan, Kenapa Mobile Legends Sangat Populer?”. Ligagame.tv. (https://www.ligagame.tv/mlbb/kenapa-mobile-legends-sangat-populer, diakses pada 28 September 2021).
Sutrisno, Fridayanti Ramadhani, dan Mashariono. 2020. "Pengaruh iklan, lingkungan sosial dan harga terhadap keputusan pembelian item game Mobile Legends pada mahasiswa stiesia Surabaya". Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 9, no. 4.
Waqar, A. 2020. “Impact of humorous advertising on purchase decision: In context of Pakistan’s telecom industry”. Global Journal of Business, Economics and Management: Current Issues, 10(2), 144-150.
Wulandari, Luh Putu Ayu, dan Gede Sri Darma. 2020. "Advertising Effectiveness in Purchasing Decision on Instagram". Journal of Business on Hospitality and Tourism 6, no. 2 381-389.
Zak, S., dan Hasprova, M. (2020). “The role of influencers in the consumer decision-making process”. In SHS web of conferences (Vol. 74, p. 03014). EDP Sciences.