IMPLEMENTASI DESAIN UI/UX APLIKASI OURTICLE KE DALAM APLIKASI BERBASIS ANDROID
Main Article Content
Perkembangan zaman membuat masyarakat khususnya masyarakat Indonesia merasakan efek dari segala aspek dari adanya kemajuan teknologi. Maka banyak pengembang aplikasi berlomba membangun aplikasi yang dapat membantu kegiatan manusia. Pada sistem aplikasi berbasis mobile, desain merupakan hal pertama yang menarik pengguna. Oleh karenanya, jika aplikasi memiliki User Interface dan User Experience yang terintegrasi dan harmonis, maka tidak hanya membantu untuk menarik lebih banyak pengguna tetapi juga meningkatkan kepuasan pengguna. Jika desain user interface yang buruk, maka itu sering menjadi alasan pengguna untuk tidak menggunakan aplikasi tersebut. Urgensi dari penelitian ini adalah sebagai tahap untuk membangun aplikasi Ourticle berbasis android, yang akan dibuat oleh CV. Inovasi Karya Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode pengumpulan data adalah studi literatur dan internet searching, dan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian mendapatkan aplikasi ourticle yang memiliki desain UI yang minimalis dan UX yang membuat pengguna nyaman menggunakan aplikasi ourticle.
Aminah, Siti, Susetyo Bagas Bhaskoro, and Adhitya Sumardi Sunarya. 2019. “Desain Dan Implementasi Aplikasi Inventaris Alat Praktikum Pada Laboratorium Berbasis Android Dan QR Code.” Prosiding Seminar Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Unjani Expo (UNEX) I, 4–5.
Andi, Juansyah. 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android.” Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA) 1 (1): 1–8.
Ariawan, Moh Dani, Agung Triayudi, and Ira Diana Sholihati. 2020. “Perancangan User Interface Design Dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan.” Jurnal Media Informatika Budidarma 4 (1): 161. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1896.
Averushyd Juliansyah, Ichsan, and Irving V Paputungan. 2022. “Perancangan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan Dengan Metodologi Design Thinking.” Automata 3 (1).
Chandra, Tintin. 2013. “Evaluasi User Interface Desain Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perguruan Husni Thamrin Medan.” Time 2 (2): 1–6.
Faizal, Muhammad. 2018. “Pembingkaian Berita Revitalisasi Taman Tegalega.” E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 31–41. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi0v8u6us_1AhXo9nMBHTM5DI8QFnoECBUQAw&url=https%3A%2F%2Felib.unikom.ac.id%2Fdownload.php%3Fid%3D339445&usg=AOvVaw2_fyzc9MVlJmP02CdBQFyK.
Kartiningrum, Eka Diah. 2015. “Panduan Penyusunan Studi Literatur.” Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Mayasari, Tri Oktavia, Edita Rosana Widasari, and Hurriyatul Fitriyah. 2017. “Desain Interaksi Aplikasi Pengendali Smart Home Menggunakan Smartphone Android.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya 1 (2): 139–47. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/54%0Ahttp://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/54/30.
Penerapan, Jurnal, and Teknologi Informasi. 2022. “IT-EXPLORE” 01: 62–76.
Prasetio, Fransiscus Bryan, and Theophilus Wellem. 2022. “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Android Untuk Layanan Informasi Pariwisata.” IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 (2): 114–32. https://doi.org/10.24246/itexplore.v1i2.2022.pp114-132.
Prasetya, Rifqi Cahya, Zahrul Naufaldi, Muhammad Syafiq Rohman Noor, and Muhammad Ainul Yaqin. 2020. “Penerapan User Interface Definition Languange Pada User Interface Management System.” ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics 2 (2): 85–96. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v2i2.106.
Ramadan, Rahmadhana, and Hanifah M. Az-zahra. 2019. “Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay Menggunakan Metode Design Sprint.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 3 (8): 8831–40.
Somantri, Gumilar Rusliwa. 2005. “Memahami Metode Kualitatif.” Makara Human Behavior Studies in Asia 9 (2): 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122.
Wahid, Aceng Abdul. 2020. “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.” Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, no. November: 1–5.
Widyananda Putra, Ricky, and Dara Restu Adiningsih. 2019. “Implementasi Desain Aplikasi Interaktif Sebagai Media Promosi Pada Radio Budi Luhur.” Idealis 2 (1): 415–19.
Wiryawan, Mendiola B. 2011. “User Experience (Ux) Sebagai Bagian Dari Pemikiran Desain Dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual.” Humaniora 2 (2): 1158. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3166.