PERANCANGAN SISTEM INFORMASI UKM BERBASIS APLIKASI MOBILE DI STMIK AMIKOM SURAKARTA
Main Article Content
Aplikasi sistem informasi UKM adalah aplikasi berbasis aplikasi mobile yang diperuntukkan untuk para anggota dari unit kegiatan mahasiswa yang ada di STMIK Amikom Surakarta. Sistem ini akan dirancang menggunakan metode Design Thinking, yang terdiri dari tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada sistem ini terdapat informasi terperinci mengenai keseluruhan UKM, mulai dari struktur organisasi kepengurusan UKM, kegiatan UKM, jadwal pertemuan UKM, peraturan UKM, galeri UKM, dan juga data peserta yang mengikuti masing-masing UKM. Selain informasi-informasi diatas, pada aplikasi ini mahasiswa juga dapat mendaftarkan dirinya sendiri menggunakan perangkat android yang dimiliki dengan sekali klik. Perancangan desain sistem informasi ini akan dirancang menggunakan Figma. Pada sistem ini nantinya akan memiliki 2 tampilan, yaitu tampilan untuk mahasiswa dan juga tampilan untuk admin. Untuk tampilan mahasiswa, mereka dapat mengakses informasi-informasi yang ada di UKM, kemudian mereka juga dapat mendaftarkan diri ke UKM yang diinginkan. Sedangkan untuk admin dapat mengakses semua informasi dan juga ditambah mereka dapat menambahkan data, menghapus dan mengubah salah satu data tanpa harus merubah keseluruhan dari data. diharapkan dapat memudahkan pengurus dari UKM masing-masing dalam merekrut anggota baru, dan juga pengurus UKM dapat mendata mahasiswa yang berminat mengikuti ukm tersebut dengan mudah.
Anggitama, D. R. (2018). Evaluasi dan perancangan user interface untuk meningkatkan user experience menggunakan metode human centered design dan heuristic evaluation pada aplikasi ezypay (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Anggraeni, E. Y. (2017). “Pengantar sistem informasi”. Penerbit Andi.
Arba, H. M., SH, M., Mulada, D. A., & SH, M. (2021). “Hukum Hak Tanggungan: Hak Tanggungan Atas Tanah dan Benda-Benda Diatasnya”. Sinar Grafika (Bumi Aksara).
Hidayat, A. R., Listyorini, T., & Khotimah, T. (2015). “Aplikasi Manajemen Unit Kegiatan Mahasiswa pada Universitas Muria Kudus Berbasis Web”. Prosiding SNATIF, 389-394.
Hussein, A. S. (2018). “Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis”. Universitas Brawijaya Press.
Jogiyanto. H.M, 2005. Analisis dan Desain, Andy Offset, Jogyakarta
Lachinsky, F. M. (2020). Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Aplikasi Comrades Menjadi Aplikasi Chatbot (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma”. Jurnal Digit, 10(2), 208-219.
Novi, A. S., & Vitianingsih, A. V. (2019). WebMap untuk pengembangan jalur irigasi baru di Kabupaten Lamongan. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 4(1).
Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2010). “Java for Beginners with Eclipse Juno”. Jakarta: Elexmedia Komputindo.
Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2005). Object-Oriented Analysis and Design: with the unified process. Thomson Course Technology.